cover
Contact Name
Ensiklopedia Education Review
Contact Email
ensiklopediaeducation@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ensiklopediaeducation@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Ensiklopedia Education Review
ISSN : 26570297     EISSN : 26570289     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang menerbitkan artikel di bidang ilmu pendidikan di Indonesiam baik dalam bahasa Indonesia ataupn bahasa PBB. Jurnal terbit selama 3 kali dalam satu tahun, yaitu di Bulan April, Agustus, Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021" : 30 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 16 SARUASO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING Yurnailis, Yurnailis
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V UPT. SD Negeri 16 Saruaso melalui model pembelajaran Creative Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V UPT. SD Negeri 16 Saruaso yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa putra dan 8 siswa putri. Objek penelitian adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian tersebut ditandai dengan perolehan nilai rata-rata kelas ≥ 75 dan minimal 75% dari jumlah siswa mencapai KKM (75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V UPT. SD Negeri 16 Saruaso. Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditunjukkan oleh hasil tes. Pada pra tindakan terdapat 44,44% (8 siswa) dari jumlah 18 siswa yang mencapai KKM. Hasil tes pada siklus 1 menunjukkan ada 72,22% (13 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM, sedangkan pada siklus 2 terdapat 88,89% (16 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata sebelum siklus sebesar 63,33, sedangkan pada akhir siklus 1 nilai rata-rata tes sebesar 74,44, dan pada akhir siklus 2 sebesar 80.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA EKOSISTEM SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 22 BARINGIN Rosda, Eni
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.729

Abstract

The right learning model is needed to achieve an active learning process, generally teachers at UPT. SD Negeri 22 Baringin is not right to use a learning model that should be in accordance with the teaching material. So that students in the class often feel bored and less enthusiastic about learning, which makes the classroom atmosphere passive and few students want to ask the teacher even though the material being taught has not been understood so that it affects learning outcomes. Given the problems that lead to unsatisfactory student learning outcomes, researchers are very careful in applying the learning model. Researchers try to use the learning model learning starts with a question. This study aims to determine teacher activities, student activities and student learning outcomes through the application of the learning model learning starts with a question. This research is a Classroom Action Research with the research subjects of class V UPT students. SD Negeri 22 Baringin. This research was conducted in two cycles, each of which included planning, implementing, observing and reflecting. Data obtained through research instruments, observation sheets, tests, and processed using a percentage formula. Based on the research results, it is known that: (1) Teacher activity with the application of the learning model starts with a question increased from cycle I only at 66.67% increased in cycle II to 83.33%, (2) Student activity in cycle I was only 69.74% increase in cycle II to 82.95%, (3) Classical student learning outcomes in cycle I only 65% increase in cycle II to 85% this means that most students complete their learning by applying the learning model learning starts with a question on the material on the relationship between living things in the ecosystem in class V UPT. SD Negeri 22 Baringin.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SOAL CERITA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM Harnis, Ben
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.701

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum siswa kurang memahami soal cerita, serta pembelajaran dilaksanakan oleh guru masih secara konvensional. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah, yakni pencapaian nilai rata-rata siswa secara klasikal adalah 63,45 Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil pembelajaran soal cerita melalui pendekatan CTL. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL mempunyai 7 langkah, yaitu konstuktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Langkah pendekatan CTL tersebut dikombinasikan dengan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam peneitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal dengan rata-rata 63,45 dan pada tes akhir tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,48, sedangkan pada tes akhir tindakan siklus II rata-rata nilai siswa yakni 80,69. Hasil pengamatanpun terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penulis mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 01 KOTO LAWEH Marnita. HM, Marnita. HM
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan pembelajaran matematika realistik untuk siswa kelas V UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh dengan penerapkan pembelajaran matematika realistik. Desain penelitian ini menggunakan model spiral. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tiap siklus dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika materi pecahan dalam pemecahan masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar soal uraian dan lembar observasi siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase ketuntasan belajar siswa. Analisi data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan kegiatan aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang semula 67,11% menjadi 84,54%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga siswa dapat mencapai KKM sebesar 69. Sebelum adanya tindakan, siswa yang tuntas hanya 9 siswa atau sebesar 47,37% pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 68,42% dan pada siklus II menunjukkan bahwa 17 siswa atau 89,47% sudah memenuhi KKM.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI PADA SISWA KELAS 1 UPT. SD NEGERI 04 BARINGIN Siswati, Ernineng
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada siswa kelas 1 UPT. SD Negeri 04 Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar UPT. SD Negeri 04 Baringin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di UPT. SD Negeri 04 Baringin, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes membaca dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan II dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,50% dan siklus II sebesar 83,13%. Sedangkan hasil tes peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat diukur dari setiap siklusnya, keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 71,01 (belum mencapai KKM), keterampilan membaca pada siklus II sebesar 82,70 (sudah mencapai KKM). Dengan demikian hasil penelitian siswa kelas 1 UPT. SD Negeri 04 Baringin.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KECEPATAN PENERAPAN MODEL REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 09 BARINGIN Mulyati, Afni
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.700

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi kecepatan sebelum menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. (2) Penerapan model RME ( Realistik Mathematic Education ) dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika materi kecepatan di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi kecepatan sesudah menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. Jenis penelitian berupa PTK, dengan subjek penelitian kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. terdiri dari 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar sebelum tindakan hasil nilai rata-rata pada pre test adalah 67,72. Siswa yang tuntas adalah 48,57% (17 peserta didik). (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan Model RME (Realistik Mathematics Education) pada siklus I nilai rata-rata menjadi 74 atau sebanyak 65,71% (23 peserta didik) yang tuntas. Sedangkan nilai rata-rata siswa siklus II meningkat lagi menjadi 82,86 atau sebanyak 85,72% (30 peserta didik) yang tunta belajar. .Dapat disimpulkan bahwa Model RME (Realistik Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi Kecepatan hanya di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU & DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM Hamidar, Hamidar
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus dua pertemuan. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IV UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif.Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay meningkatkan hasil belajar IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Hal tersebut dilihat dari tes hasil belajar siswa mencapai KKM diatas 75%. Pada Pra-siklus nilai rata-rata kelas ialah 69,20 dengan ketuntasan 45,16% Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 74,19 dengan ketuntasan 67,74% .Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 81,94 dengan ketuntasan 87,10% berdasarkan hasil tersebut penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA PENGALAMANKU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS II UPT. SD NEGERI 03 TABEK Zulfa, Mira
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik Tema Pengalamanku siswa kelas II UPT. SD Negeri 03 Tabek menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II UPT. SD Negeri 03 Tabek yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ditandai adanya aktivitas siswa dalam merumuskan masalah, bertanya, diskusi, mengajukan gagasan, menentukan hipotesis, dan penyimpulannya. Selain itu meningkatnya hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu 76 dengan persentase minimal 85% dari keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Tema Pengalamanku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPT. SD Negeri 03 Tabek. Hal ini dibuktikan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pra tindakan 48,15%, pada siklus I menjadi 55,56%, pada siklus II menjadi 70,37% dan pada siklus III menjadi 88,89%.dengan nilai rata-rata siswa pada pra tindakan sebesar 64,44 pada siklus I menjadi 70,37, pada siklus II menjadi 74,81 dan pada siklus III menjadi 84,07.
MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS VI-C UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM Meileni, Meileni
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.727

Abstract

This research was motivated by the low scores in mathematics at VI-C UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. The purpose of this study is to carry out learning that can improve mathematics learning outcomes through the application of cooperative learning type STAD. This research is in the form of PTK (Classroom Action Research) which consists of 2 (two) cycles. After the first cycle is carried out, then reflection is carried out. The results of the reflection carried out in cycle I conclude that it is necessary to carry out cycle II to improve (1) the implementation of learning which includes: learning media, the active role of researchers in helping students, motivation towards students, building cooperation between students and (2) the results of understanding the lesson mathematics After the second cycle was carried out, the results showed that the use of the STAD Cooperative Learning Type Application. has shown very satisfying results. After the second cycle of learning was carried out, the learning process was using the STAD Cooperative Learning Type Application. very effective to improve learning outcomes in mathematics for students of class VI-C UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. Based on the results of data analysis, in this classroom action research, it was found that the results of student tests at the end of the first cycle of action showed an average value of 75.42 with a percentage of 58.3% absorption. an average of 86.67% with a percentage of absorption reaching 87.5%. Thus it can be concluded that the application of Cooperative Learning Type STAD., In mathematics lessons can improve student understanding and improve student learning outcomes.
PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV UPT. SD NEGERI 05 BATU TABA Syafrida, Syafrida
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.708

Abstract

Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah pemanfaatan media dan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif. Hal ini ternyata membuat siswa menjadi bosan dan kurang dapat menyerap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar menjadi rendah. Salah satu alternatif media dan model pembelajan yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru serta siswa adalah dengan pemanfaatan media gambar dengan model pembelajaran the power of two. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT. SD Negeri 05 Batu Taba yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi untuk siswa, serta Post test (tes akhir). Teknik analisis data dilakukan dengan dengan skor presentase. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh presentase 74 (Baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75 ( Baik sekali). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase 67,05 (Baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,90 (Baik sekali). Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I hanya 14 siswa yang tuntas dengan persentase 70% dan tidak tuntas 6 siswa dengan persentase 30%, sedangkan pada siklus II. Mengalami peningkatan yaitu 18 siswa mencapai ketuntaasan dengan presentase 90% dan 2 siswa tidak tuntas dengan presentase 10%. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dengan model the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT. SD Negeri 05 Batu Taba.

Page 1 of 3 | Total Record : 30